ARTAV | Antivirus Lokal | Buatan Anak SMP

February 3, 2011 § 2 Comments

Beberapa waktu yang lalau papafaiz pernah membaca di detik.com tentang anti virus local buatan anak SMP. Cukup mengejutkan juga, karena baru menginjak SMP sudah bisa membuat antivirus. Sebuah prestasi yang tidak bisa dianggap enteng, apalagi setelah baca berita selanjutnya, ternyata antivirusnya ini sudah diincar oleh beberapa antivirus dari luar. :t2humbup:

Atas nama penasaran, papafaiz bertanya [lagi] sama papagoogle. Tidak disangka dikasih link forumnya komunitas pemakai SMADAV. Sebagai catatan saja, saat ini antivirus yang papafaiz pakai dengan menyandingkan SMADAV dengan AVAST [yang free]. Selama memakai kedua pasanagan antivirus ini, papafaiz cukup puas dengan kinerja pengamanan di OS XP papafaiz. Kok malah promosi. :hammer:

Back to topic.

Setelah bacabaca sebentar di forumnya SMADAV itu, papafaiz tambah berdecak. Pasalnya, ternyata di forum SMADAV ini berkumpul para pengembang antivirus local. Ada morphoist, BRIGADIR, artav  dan masih banyak lainnya.

Dari situ, papafaiz sengaja mencari thread yang berhubungan langsung sama antivirus buatan anak SMP dari Bandung ini. Kalau ada yang belum tahu namanya, ARTAV.

Baca dari threadnya ARTAV di forum SMADAV itu, papafaiz baru tahu ternyata ARTAV ini sudah dikembangkan sejak bulan November 2010. Luar biasa bukan? Dalam waktu yang bias dibilang singkat, bias menarik perhatian banyak pengguna computer/laptop untuk mencobanya.

Disitu, juga bias dilihat bagaimana perkembangan ARTAV dari versi yang pertama hingga yang terakhir [papafaiz mengunduh yang ARTAV versi 2.4]. Sebagai infformasi, ARTAV ini dikembangkan oleh dua orang yang bersaudara kandung, yaitu Arrival Dwi Sentosa (adik) dan Taufik Aditya Utama (kakak). Dari kedua nama itu lah nama ARTAV muncul, yang merupakan akronim dari Arrival dan TAufik. Hebatnya lagi, yang mengembangkan antivirus ini adalah sang adik, yaitu Arrival. Perlu diketahui, Arrival ini sekarang sedang menginjak usia 13 tahun dan sedang bersekolah di SMP 48 bandung. Sedangkan kakak kandungnya, taufik,, kelas 2 SMA Negeri 25 Bandung, sebagai pendesain grafis dari ARTAV ini.

Kutipan yang papafaiz dapatkan dari detikcom,

Asal muasal ketertarikan Arrival untuk membuat anti virus karena kekesalan dirinya terhadap komputer di rumahnya sering terkena virus. Dulu dia berkali-kali menginstal ulang untuk membasmi virus yang menginfeksi komputernya.

“Habisnya saya kesal. Komputer di rumah selalu kena virus dan saya harus sering-sering instal ulang. Saya penasaran dengan virus-virus yang menyerang komputer di rumah. Saya cari tahu di internet bagaimana cara kerja virus dan saya beli buku tentang visual basic untuk memahami cara kerja virus,” katanya menjelaskan awal ketertarikannya kepada virus.

Perlu waktu setahun bagi Ival untuk membuat Artav. Awalnya Ival memberikan anti virus buatnya kepada teman-temannya dan keluarganya. Mendapatkan respon yang positif, dirinya lalu memberanikan diri untuk memposting anti virus buatannya di akun facebook miliknya. Begitu diposting di facebook, respon dari masyarakat cukup bagus.

Menurutnya, untuk membuat antivirus, yang dibutuhkan adalah kemampuan memahami bahasa program dan karakteristik virus. Bagian tersulit dari proses pembuatannya adalah saat membuat database.

“Yang susah adalah membuat database virus. Kita harus rajin mencari virus-virus yang terbaru yang beredar. Kita pelajari karakternya dan kita tambahkan script untuk mengatasi serangannya. Lalu kita masukkan dalam data base,” jelasnya.

Kemampuan Artav pun tidak bisa dianggap remeh. Selain bisa menangkal virus-virus terbaru, antivirus ini juga bisa dijalankan bersama dengan anti virus lainnya seperti Kaspersky AV, Kaspersky IS, BitDefender AV, BitDefender IS, Norton AV, Norton IS, Vipre AV, AVG AV, AVG IS, Rising AV, Eset NOD32 AV, Eset NOD32 Smart Security, Panda AV, Panda IS, Avira AV, Avira Premium, Avira IS, Smadav, Ansav, PCMAV dan Microsoft Security Essentials.

..

Karena penasaran, installer ARTAV yang sudah diunduh sebelumnya, papafaiz coba install. Sebagai informasi, sebenarnya papafaiz sudah merasa cukup dengan dua anti virus yang sudah dipaka sebelumnya, jadi belum ada rencana kapan akan menginstall ARTAV. Berhubung makin penasaran, karena semakin banyaknya pemberitaan antivirus yang satu ini, akhirnya papafaiz tak kuasa juga untuk menginstallnya [lebay].😀

Hasilnya, dibandiingkan Smadav, file installer dari ARTAV ini memang lumayan lebih besar dan cukup “menguras” penggunaan memori daripada SMADAV.

Namun ini sebanding, karena fitur yang ditawarkan ARTAV memang lebih banyak daripada SMADAV. Coba saja anda lihat, ada fitur seperti Realtime Protection, Anti
Hacker, Mail Scanner, USB Protected
dan Link Scanner . Bahkan di versi yang 2.4 ada  fitur Worm Detector dan Rootkit Detector [meskipun papafaiz tidak begitu paham] :hammer:


Terus, bagaimana Scanning Virusnya? Ini dia salah satu hal yang bikin papafaiz angkat topi sama anti virus anak SMP ini. Ketika papafaiz gunakan SMADAV untuk Full Scan, hasilnya nihil. Namun ketika, ARTAV papafaiz gunakan untuk full scan, ternyata ditemukan ada 13 virus,  sebagian besar virus yuyun, dan ada sality juga.Terlepas dari apakah itu false alarm atau bukan, papafaiz salut dengan kemampuan dari antivirus buatan  anak ketek ini.:D

 

Ini adalah perbandingan dari antivirus-antivirus lokal yang pernah ditest (papafaiz ambil dari situs ARTAV)

source: kaskus.us

Nah bagaimana? Anda pengen coba?😀

Silakan saja download langsung disini. Atau Kalau tidak bisa, langsung saja dari situsnya disini.

Terimakasih.



Tagged: , , ,

§ 2 Responses to ARTAV | Antivirus Lokal | Buatan Anak SMP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading ARTAV | Antivirus Lokal | Buatan Anak SMP at papafaiz.

meta

%d bloggers like this: